TUGAS4 / PEREKONOMIAN INDONESIA

1. TINDAKAN YANG DILAKUKAN BI JIKA PEREDARAN UANG DI INDONESIA MEMICU TIMBULNYA INFLASI

Bank Indonesia (BI) merupakan Bank Central yang mengatur peredaran uang agar tidak terjadi inflasi, namun apabila peredaran uang dianggap menimbukan inflasi, BI akan berupaya untuk mengatur jumlah kebutuhan uang berdasarkan supply dan demand yang sesuai dengan kebutuhan perekonomian nasional. Langkah ini dimaksudkan agar dapat menjaga tingkat inflasi sesuai yang ditargetkan pemerintah atau BI dapat melakukan kebijakan kebijakan sebagai berikut:

1. Politik diskonto: kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral dengan menambah atau mengurangi jumlah uang dengan cara menaikan atau menurunkan tingkat suku bunga
2. Operasi pasar terbuka: Cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities).
3. Peningkatan cash ratio: Kebijakan persediaan kas artinya cadangan yang diwajibkan oleh Bank Sentral kepada bank-bank umum yang besarnya tergantung kepada keputusan dari bank sentral/pemerintah.
4. Politik uang ketat: Kebijakan untuk mengurangi banyaknya jumlah uang yang beredar.
5. Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah, sehingga pengeluaran keseluruhan dalam perekonomian bisa dikendalikan. Pemerintah tidak menambah pengeluarannya agar anggaran tidak defisit.

2. KENIAKAN BIAYA PRODUKSI YANG KURANG DIHARAPKAN DALAM PERKONOMIAN INDONESIA YANG MENYEBABKAN TERJADINYA INFLASI

Jika inflasi yang terjadi karena naiknya biaya produksi kurang diharapkan dalam perekonomian Indonesia. Hal ini dinamakan Cost Push Inflation atau inflasi yang timbul karena kenaikan biaya produksi. tingkat penawaran lebih rendah dibandingkan tingkat permintaan. Karena adanya kenaikan harga faktor produksi sehingga produsen terpaksa mengurangi produksinya sampai pada jumlah tertentu. Penawaran agregat terus menurun karena adanya kenaikan biaya produksi.

Apabila biaya untuk memproduksi barang naik berarti harga barang-barang naik, nah kalau harga barang naik berarti orang akan membatasi membeli barang, sedikit menabung juga karena banyak orang jarang membelanjakan uangnya untuk membeli barang, jadi jumlah uang yang dikeluarkan lebih banyak untuk membeli sedikit barang yang hargnya semakin mahal. Hal ini mengindikasikan adanya inflasi pada suatu Negara yang salah satunya disebabkan naiknya boaya produksi.

3. 4 FAKTOR UTAMA TIMBULNYA PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Terjadinya perdagangan internasional tidak lepas dari faktor-faktor pendukungnya, yaitu:

PERBEDAAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya dan potensi alam setiap negara pasti berbeda-beda. seperti ada Negara yang mengasilkan cadangan minyak terbesar atau Negara yang mengasilkan tambang Negara dsb. Dengan adanya perbedaan tersebut sangat memungkinkan adanya perdangan antar Negara (Internasional) karena perbedaan hasil produksi.

MEMENUHI KEBUTUHAN BARANG DAN JASA DALAM NEGERI
Sebuah Negara tidak dapat memenuhi kebutuhan Negara nya sendiri. Negara terserbut dapat melakukan Impor-Eskpor untuk melengkapi kebutuhan mereka masing-masing. Dengan ini setiap Negara diharuskan saling bekerja sama.

TINGKAT KEMAMPUAN PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai negara maju pasti berbeda dengan kemampuan penguasaan yang dimiliki oleh negara berkembang. Perbedaan itulah yang dimanfaatkan oleh negara maju untuk “membantu” negara berkembang dalam mengolah sumber daya ekonominya. Seperti Negara yang telah menggunakan teknologi lebih modern dapat memproduksi barang dengan harga lebih murah daripada yang menggunakan teknologi sederhana.

KEINGINAN MEMPEROLEH KEUNTUNGAN DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN NEGARA
Dengan melakukan perdangan internasional sebuah Negara akan dapat meningkatakan pendapatan Negara dan memperoleh keuntungan baik Negara tersebut atau perusaahan seperti mendapatkan keuntungan berupa pajak dari barang atau jasa yang masuk/keluar dari negaranya.

 

Sumber:

http://annisapuspanira.blogspot.com
http://vebbyagustian.blogspot.com/2013/05/inflasi.html
http://annisapuspanira.blogspot.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional#Faktor_pendorong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s