TUGAS PENGANTAR BISNIS#4 : TIPS MENGHADAPI USAHA YANG SAMA

Gambar

Dalam menjalankan usaha persaingan memang tidak dapat anda hindari, apalagi ketika usaha yang anda rintis sama dengan pesaing lain. Dengan adanya usaha yang sama ini membuat persaingan dalam bisnis semakin besar dan ketat.

Jangan sampai dikarenakan adanya persaingan kita justru malah mundur secara teratur dan berhenti dalam menjalankan usaha. Justru sebaliknya, adanya persaingan akan membuat kita termotivasi untuk membuat produk dan pelayanan yang lebih baik lagi.

Kali ini saya akan memberikan TIPS MENGHADAPI USAHA YANG SAMA bagi usaha yang anda bangun, yang mungkin dapat membantu dan menjadikan referensi bagi anda :

1. Lakukan inovasi pada usaha Anda

Inovasi bisa berupa sistem layanan yang lebih efektif, atau justru produk yang berbeda dan belum ada dipasaran, seperti berikan ide-ide kreatif. Produk yang unik dan khas akan menjadi sebuah nilai jual bagi produk Anda. Dengan sendirinya anda akan mendapat pasar yang mungkin tidak dapat pesaing Anda raih.

2. Tonjolkan keunggulan dan keunikan dari produk yang Anda tawarkan

Setiap produk yang Anda tawarkan pasti memiliki keunggulannya. Keunggulan dari produk Anda belm tentu dimiliki oleh produk pesaing. Oleh karenanya, tonjolkan keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh produk Anda agar konsumen lebih tertarik untuk membelinya.

3. Berikan harga yang bersaing dan masuk akal

Harga adalah sebuah titik penentu bagi sebuah usaha. Dalam harga terdapat nilai jual sekaligus prestis. Jadi pastikan Anda menentukan harga dengan bijak, jangan sampai keputusan Anda soal harga bisa menjatuhkan usaha Anda.

4. Lakukan pendekatan yang dua arah dengan konsumen Anda

Buat mereka merasa Anda layani dengan baik, beri mereka rasa memiliki andil pada usaha Anda. misal dengan menanyakan apakah produk Anda sudah memuaskan pelanggan, apa yang perlu Anda perbaiki dari layanan Anda. Cara ini akan membuat pelanggan merasa Anda peduli dengan kebutuhan Anda dan merasa perbaikan dalam usaha Anda berkat andil mereka.

5. Belajar Dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Anda bisa belajar dari pengalaman Anda sebelumnya, atau belajar dari pengalaman orang lain dalam menghadapi persaingan. Menghadapi persaingan tidak melulu urusan strategi bertindak, tapi juga bagaimana sikap dan mental Anda. Tidak ada salahkan Anda belajar kepada mereka yang berpengalaman.

Sumber :

http://danausaha.net/4-tips-dalam-menghadapi-pesaing-usaha.html

http://www.axltwentynine.com/news/topic/140/cara-menghadapi-persaingan-bisnis

Sumber gambar :

http://vavai.com/wp-content/uploads/2011/01/persaingan.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s