TUGAS PENGANTAR BISNIS#3 : TIPS MENGHADAPI KETIKA USAHA SEDANG SURUT

Gambar

Pasang surut dalam berusaha merupakan hal yang pasti terjadi. Ketika usaha anda berada pada saat pasang anda tentunya berupaya keras untuk mempertahankanya. Namun bagaimana jika usaha anda mengalami surut, apa yang anda lakukan? Menyerahkah? Atau sebaliknya?

Disini saya akan memberikan TIPS MENGHADAPI KETIKA USAHA SEDANG SURUT, yang mungkin dapat membantu dan menjadikan msukan untuk usaha yang anda sedang bangun.

1. Lakukan intropeksi

Mungkin hal pertama yang anda lakukan adalah intropeksi, baik itu diri anda maupun usaha anda tersebut dan terkecuali orang orang yang berada dilingkungan usaha. Pikirkanlah dan temukan apa yang membuat usaha isi sepi atau surut, kurang inovasikah? Atau kurang strategi yang kreatif? Jadikan lah momen surut ini menjadi momen untuk berkaca anda dan usaha anda.

2. Perbaiki dalam mengatur manajemen dan keuangan

Keuangan harus bisa dikelola dengan baik agar dalam sebuah bisnis / usaha bisa menghasilkan sesuatu yang riil yaitu profit. Keuangan harus dicatat terpisah antara keuangan pribadi pemilik dengan keuangan bisnis itu sendiri. Lalu Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya.

3. Ciptakan berbagai inovasi baru dan kreatif

Kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis, menjadi salah satu  kunci sukses sebuah bisnis untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Seperti membuat ide-ide baru dan lain sebagainya

4.Pantang menyerah

Pantang menyerah serta berani merupakan modal awal dalam berwirausaha. Jika anda bermenyrah begitu saja berati anda belum mampu memenuhi kedua modal tersebut. Seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya harus penuh semangat tanpa putu sasa, meskipun rintangan yang dihadapi penuh pengorbanan demi mencapai tujuan yang diharapkan

Contoh pengusaha yang bangkit dari kebangkrutan atau mengalami surut dalam berusaha adalah pengrajin keramik dari Surabaya yaitu Ibu Lidya. Ibu Lidya sempat mengalami keterpurukan dimasa-masa krisis ekonomi pada tahun 1998 silam, namun sekarang beliau dapat meraup penghasilan sebesar Rp 500juta/bulan.

See more at  : http://finance.detik.com/read/2013/09/23/113415/2366378/480/bangkit-lagi-setelah-bangkrut-kini-wanita-ini-raup-rp-500-juta-bulan

Sumber :

http://www.tipswirausaha.com/post/read/488/tips-mengatasi-kebangkrutan-dalam-bisnis.html

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/04/21/pantang-menyerah-dalam-berwirausaha-548952.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s