Kena Tilang, bayar apa sidang ?

Assalamualaikum wr.wb

Selamat malam reader, gua mau berbagi pengalaman tentang tilang menilang. Oke langsung aja …

Kejadiannya sudah sekitar sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 25 Sepetember 2013 hari rabu jam 10.00 pagi di daerah Tanah Baru deket kober Tugu Jakarta Depok. Jadi gua mao berangkat ke kampus tercinta nah gua kena razia motor alias razia tilang! apes apes -_-

Oke gua kaget serta deg-degan tapi yaude lah santai aja dari pada kabur entar ditembak berabe :O . Yaude gua disuruh berhenti trs disuruh kepinggir jalan oleh pak polisi dengan pakaian rapih serta perutnya yang agak besar. Dengan sopanya pak polisi menanyakan KTP, STNK dan SIM. Setelah tau gua engga punya SIM  ,gua langsung diajak bapaknya nemuin pak polisi didalem mobil polisi yang ngurusin administrasi tilang-menilang.

Gua sempet ditanya, “mau surat tilang apa bayar? Klo bayar 50rb dek” “oh klo 30 rb bisa pak? Duit saya kurang” “engga bisa dek” hemm gua mikir dulu klo mao bayar juga kurang klo bayar kaga makan dikampus gua “yaude lah surat tilang aja pak ikut sidang” yaude si pak polisi nulis nama gua di surat tilang warna merah dan gua sempet sepik2 nanya tentang pembuatan SIM sambil nunggu pak polisi selesai nulis,  “kalo ada kena tilang lagi kasih lihat surat ini aja ya dek” sambil ngasih surat” “iyak pak, makasih” dan gua lanjut jalan lagi ke kampus. Fyuuh -_-

Jadi gua disuruh dateng sidang tilang tanggal 4 Oktober 2013 jam 09.00 pagi di Pengadilan Negeri Depok. Namun karena gua ada jam kampus jadi gua engga hadir deh hehe. Dan gua kesana tanggal 7 Oktober berharap bisa ikut sidang tapi ternyata tidak ada sidang! namun bayar denda 70rb -_-. Yaa gini deh kalo engga dateng pas waktunya lo bakal bayar lebih mahal deh.

Sedikit tips saat kena tilang

  • Jangan panik, santai aja,
  • Jangan ngelunjak dan jangan belagu pas ditanya sama pak polisi, ikutin aja dulu maunya,
  • Jangan bilang “damai” sebelum polisi nawarin kita mau surat tilang apa bayar denda ditempat,
  • Kalo kita udah ditawarin pertanyaan tsb, biasanya polisi bakal nenuin tarif dendanya. Jadi lo harus punya duit simpenan didompet minimal 50rb dah, jadi kalo lo mao bayar denda ditempat ada duitnya. Tapi kalo lo emang mau ikut sidang yaa berarti lo harus ngambil surat tilang berwarna merah dengan stnk ditahan serta bakal ikut sidang sesuai tempat dan tanggal di surat tilang tersebut.

Oke sekian dulu postingan gua malem ini, keep be careful on the road guys!

Wassalamualikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

